Nurul Zahra 751440118057; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan Terapi Relaksasi Autogenik Terhadap Kualitas Tidur Lansia Penderita Hipertensi di Yayasan Putra Mandiri Kota Gorontalo *Nurul Zahra* (KTI-P2021)


Latar Belakang Masalah : Gangguan tidur merupakan keluhan utama dari penuruna kualitas tidur yang sering dialami lansia, dengan perkiraan lebih dari setengah jumlah lansia yang berusia di atas 65 tahun yang tinggal dirumah. Adapun hasil dari data survey awal yang didapatkan jumlah lansia 199 orang dengan penderita hipertensi sejumlah 39 orang dan beberapa diantaranya terdapat keluhan penyerta seperti penurunan kualitas tidur. Tujuan: untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan Terapi Relaksasi Autogenik terhadap Kualitas Tidur Lansia Penderita Hipertensi di Yayasan Putra Mandiri Kota Gorontalo. Metode : Penelitian ini dilakukan pada 7 – 9 Juni 2021, dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data demografi responden yang terdiri dari nama/inisial, umur, pendidikan, pekerjaan dan lembar kuesioner pengukuran tingkat kualitas dengan menggunakan skala PSQI. Hasil : terapi relaksasi autogenic yang dilaksanakan selama tiga hari didapatkan hasil yaitu dari ke tiga responden sebelum dan sesudah dilakukan terapi relaksasi autogenic menunjukkan skor gangguna kualitas tidur menurun sehingga terjadi peningkatan kualitas tidur pada lansia. Kesimpulan: Terapi Relaksasi autgenik dapat menimbulkan kualitas tidur lansia penderita Hipertensi di Yayasan Putra Mandiri Kota Gorontalo.


Nurul Zahra 751440118057 - Personal Name
KTI-P2021/ZAH/p
KTI-P2021
Text
Indonesia
Poltekkes Kemenkes Gorontalo
2021
GORONTALO
Pembimbing I : Fatmawati Mohamad, S.Pd, S. Kep, Ns, MPH Pembimbing II : Ahmad Aswad, S. Kep, Ns, MPH
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nurul Zahra 751440118057. (2021).Penerapan Terapi Relaksasi Autogenik Terhadap Kualitas Tidur Lansia Penderita Hipertensi di Yayasan Putra Mandiri Kota Gorontalo *Nurul Zahra* (KTI-P2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd