Melisa Mohamad 751440118082; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan Mobilisasi Dini Terhadap Peristaltik Usus Pada Pasien Post Operasi Laparatomi di RSUD Dr. M. M Dunda Limboto *Melisa Mohamad* (KTI-P2021)


Latar Belakang Masalah : Laparatomi merupakan jenis operasi bedah mayor yang dilakukan di daerah abdomen. Tindakan operasi laparatomi mempunyai efek samping yang diakibatkkan oleh anestesi yang dimana dapat menyebabkan penghentian dari pergerakan intestinal sementara. Adapun yang dapat muncul akibat perpanjangan masa pemulihan peristaltik usus adalah Postoperative Ileus (POI) dengan angka kejadian 10-30 % pasca operasi abdomen. Cara untuk menstimulus gerakan peristaltik pada usus yaitu salah satunya dengan melakukan mobilisasi dini. Tujuan: Mengetahui pengaruh mobilisasi dini terhadap peristaltik usus pada pasien post operasi laparatomi. Metode: Rancangan dalam studi kasus ini dilakukan dengan penelitian deskriptif melakukan pemeriksaan peristaltik usus sebelum dan sesudah dilakukan mobilisasi dini. Hasil: Terjadi peningkatan peristaltik usus setelah diberikan mobilisasi dini selama 2 hari. Kesimpulan: Terdapat pengaruh mobilisasi dini terhadap peristaltik usus pada pa sien post operasi laparatomi di RSUD dr. M. M Dunda Limboto.


Kata Kunci : Mobilisasi dini, peristaltik usus, laparatomi



KTI-P2021/MOH/p
KTI-P2021
Text
Indonesia
Poltekkes Kemenkes Gorontalo
2021
GORONTALO
Pembimbing I : Suwarni Loleh, SST, M. Kes Pembimbing II : Eka Pratama , S. Kep, Ns, M. Kep
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Melisa Mohamad 751440118082. (2021).Penerapan Mobilisasi Dini Terhadap Peristaltik Usus Pada Pasien Post Operasi Laparatomi di RSUD Dr. M. M Dunda Limboto *Melisa Mohamad* (KTI-P2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd