Ahmad Alwi Deu 754840118003; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Potensi Gel Handsanitizer Kombinasi Sari Daun Jambu Biji (Psidium guajava) dan Exudat Lidah Buaya (Aloe Vera) dalam Menghambat Pertumbuhan Staphylococcus aureus, *Ahmad Alwi Deu* (KTI-F2021)


Handsanitizer dapat membunuh mikroorganisme secara umum dalam waktu relatif cepat. Bahan aktif dari handsanitizer umumnya mengandung alkohol dengan konsentrasi 60% sampai 80%. Exudat lidah buaya dan sari daun jambu biji memiliki metabolit sekunder yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi handsanitizer gel kombinasi sari daun jambu biji (Psidium guajava) dan exudat lidah buaya (Aloe vera) dalam menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus.
Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimental laboratorium. Formulasi handsanitizer gel kombinasi sari daun jambu biji dan exudat lidah buaya dengan variasi konsentrasi F1(3%:25%), F2(25%:25%), F3(25%:3%), ketiga formula diuji aktivititas antibakteri menggunakan metode difusi dan uji stabilitas fisik meliputi uji daya sebar, uji pH, uji homogenitas dan uji viskositas. Data penelitian dianalisis menggunakan uji statistik Kruskal Wallis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas antibakteri ketiga formulaF1(7,61mm), F2(6,90mm) dan F3(6,88mm) termasuk dalam kategori sedang dalam menghambat bakteriStaphlococcus aureus. Hasil uji stabilitas fisik pada F1 dan F2 baik pada uji daya sebar dan uji homogenitas, sedangkan uji viskositas dan uji pH ketiga formula belum memenuhi standar.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat potensi handsanitizer gel sari daun jambu biji (Psidium guajava) dan exudat lidah buaya (Aloe vera) dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphlococcus aureus dengan kategori sedang.

Kata Kunci :Handsanitizer gel, Lidah buaya, Jambu biji, Staphlococus aureus


KTI-F2021/DEU/p
KTI-F2021
Text
Indonesia
Poltekkes Kemenkes Gorontalo
2021
GORONTALO
Pembimbing I : Nangsih Sulastri Slamet, S. Si, M. Si Pembimbing II : Arlan K. Imran, S. Farm, M. Farm, Apt
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ahmad Alwi Deu 754840118003. (2021).Potensi Gel Handsanitizer Kombinasi Sari Daun Jambu Biji (Psidium guajava) dan Exudat Lidah Buaya (Aloe Vera) dalam Menghambat Pertumbuhan Staphylococcus aureus, *Ahmad Alwi Deu* (KTI-F2021).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd