Moh. Wikal S. Taufik-751440116102; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemberian Kompres Hangat Kayu Manis Terhadap Penurunan Nyeri Penderita Arthritis Gout Pada Lansia di Panti Tresna Werda Ilomata(KTI-P2019)


Daftar Pustaka 16 buah (2009-2017)
Gout arthritis merupakan suatu penyakit peradangan pada persendian yang dapat di akibatkan oleh kelebihan kadar senyawa asam urat di dalam tubuh, baik karena produksi berlebih atau peningkatan asupan purin. Dampak yang dapat ditimbulkan dari gout atritis dapat berupa nyeri khususnya pada sendi. Salah satu gejala dari arthritis gout yaitu nyeri pada daerah persendian, untuk penanganan nyeri arthritis gout bisa dilakukan dengan tekhnik nonfarmakologi salah satunya dengan kompres hangat, dalam melaksanakan kompres hangat bisa juga di tambhankan salah satu jenis tanaman tradisional yaitu kayu manis. Banyaknya yang mengalami arthritis gout yaitu 15 % dengan usia lanjut di Panti Tresna Werda Ilomata pada tahun 2019 menyebabkan alasan bagi penulis untuk mengangkat masalah ini dalam laporan studi kasus. Laporan studi kasus ini bertujuan untuk menerapkan tindakan keperawatan kompres hangat kayu manis terhadap penurunan nyeri penderita athritis gout pada lansia di Panti Tresna Werda Ilomata. Dalam penyusunan studi kasus ini menggunakan metode Deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perubahan rata-rata skala nyeri setelah dilakukan intervensi kompres hangat kayu manis adalah terjadinya penurunan skala nyeri pada pasien athritis gout. Apa yang telah di ajarkan diharapkan bisa diterapkan secara mandiri khususnya lansia.




KTI-P2019/TAU/p
KTI-P2019
Text
Indonesia
POLTEKKES GORONTALO
2019
GORONTALO
Pembimbing Utama, Dr. Wenny Ino Ischak, SST, M.Kes Pembimbing Pendamping, Suwarni Loleh, SST, M.Kes
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Moh. Wikal S. Taufik-751440116102. (2019).Pemberian Kompres Hangat Kayu Manis Terhadap Penurunan Nyeri Penderita Arthritis Gout Pada Lansia di Panti Tresna Werda Ilomata(KTI-P2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd