Sumarni Subetan-751440118127; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan Terapi Bawang Putih dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Popayato Kabupaten Pohuwato(KTI-P2019)


Daftar Pustaka 19 buah (2009 – 2015)

Hipertensi merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat, baik pria ataupun wanita, tua ataupun muda bisa terserang penyakit ini, dan gejalanya tidak terasa. Penyakit ini disebut sebagai silent diseases dan merupakan faktor risiko utama dari penyebab penyakit jantung dan stroke. Banyak faktor penyebab hipertensi diantaranya adalah faktor makanan, faktor usia, kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan lain-lain, faktor kegemukan atau obesitas, stress, sistem peredaran darah yang tidak lancar dan banyak lagi hal lainnya. Salah satu terapi non farmakologi yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah adalah pengobatan herbal dengan mengkonsumsi bawang putih yang salah satu bahan yang berpotensi meningkatkan kesehatan manusia. Tujuan studi kasus ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan terapi bawang putih dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Popayato Kabupaten Pohuwato. Studi kasus ini mengarahkan peneliti untuk meninjau 3 orang yang menderita Hipertensi dan kemudian akan diterapi bawang putih. Hasil studi kasus ini yakni dari ketiga responden yang memiliki tekanan darah diatas normal setelh dilakukan intervensi selama 5 hari terjadi penurunan tekanan darah. Kesimpulannya bahwa terapi bawang putih merupakan terapi yang sangat baik dilakukan untuk menurunkan tekanan darah karena tidak menimbulkan efek samping dibandingkan dengan terapi farmakologis.


KTI-P2019/SUB/p
KTI-P2019
Text
Indonesia
POLTEKKES GORONTALO
2019
GORONTALO
Pembimbing Utama Lusiane Adam, S.Kep, M.Kes Pembimbing Pendamping Ratnawati, S.Pd, S.Kep, Ns, M.Kep
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Sumarni Subetan-751440118127. (2019).Penerapan Terapi Bawang Putih dalam Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Popayato Kabupaten Pohuwato(KTI-P2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd