Rizky Andani Panu-751440116030; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penatalaksanaan Latihan Rentang Gerak Sendi Lutut Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis Di Walayah Kerja Puskesmas Pilolodaa Kota Gorontalo(KTI-P2019)


Daftar Pustaka 15 buah (2009-2019)
Osteoarthritis merupakan suatu kelainan degenerasi sendi yang terjadi pada cartilage (tulang rawan) yang ditandai dengan timbulnya nyeri saat terjadi penekanan pada sendi yang terkena. Osteroarthritis yaitu hilangnya kartilago artikular dan adanya inflamasi pada sinovial. Penanganan nyeri lutut dapat berupa latihan pada lutut. Adapun latihan lutut ini meliputi latihan rentang gerak sendi dan latihan penguatan (strengthening exercise). Studi Pendahuluan yang telah dilakukan penulis di Puskesmas Pilolodaa Kota Gorontalo pada tanggal 07 Januari 2019 didapatkan data bahwa jumlah penderita osteoarthritis pada tahun 2018 sejumlah 71 orang. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan terapi latihan lutut dalam menurunkan nyeri pada penderita osteoarthritis di Puskesmas Pilolodaa. Desain penelitian ini yaitu deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 3 orang. Studi kasus ini dilakukan pada Juni 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data demografi responden yang terdiri dari inisial, jenis kelamin, umur, serta lembar observasi pengukuran nyeri sebelum dan sesudah tindakan diberikan. Hasil studi kasus menunjukkan hasil observasi yang dilaksanakan selama kurang lebih 3 hari, didapatkan hasil yang cukup signifikan. Kesimpulan : Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terapi rentang gerak sendi dan latihan penguatan (strengthening exercise) tersebut efektif terhadap penurunan nyeri pada pasien osteoarthritis.

KTI-P2019/PAN/p
KTI-P2019
Text
Indonesia
POLTEKKES GORONTALO
2019
GORONTALO
Pembimbing Utama Lusiane Adam, S.Kep, M.Kes Pembimbing Pendamping Fakhriatul Falah, S.Kep, Ns, M.Kep
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Rizky Andani Panu-751440116030. (2019).Penatalaksanaan Latihan Rentang Gerak Sendi Lutut Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis Di Walayah Kerja Puskesmas Pilolodaa Kota Gorontalo(KTI-P2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd