Heryucendi Agustiar Hasiru -751440116012; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan Latihan Relaksasi Otot Progresif untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Anggota Keluarga Yang Menderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Tengah (KTI-P2019)


48 halaman
Daftar Pustaka 36 buah (2010-2018)
Hipertensi merupakan penyakit yang dapat diminimalisasikan tingkat kekambuhannya. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan tekanan darah diantaranya dengan terapi farmakologis yang menggunakan berbagai macam obat maupun non farmakologis salah satunya dengan relaksasi otot progresif. Studi kasus bertujuan mengetahui efektivitas penerapan latihan relaksasi otot progresif untuk menurunkan tekanan darah pada anggota keluarga yang menderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kota Tengah Kota Gorontalo. Rancangan yang digunakan adalah deskriptif (Deskriptif Research), dengan bentuk studi kasus. Subjek studi kasus sebanyak 3 orang. Penyajian data dilakukan dengan menyajikan tekstur/narasi yang berisi implementasi penerapan latihan relaksasi otot progresif untuk menurunkan tekanan darah pada keluarga yang menderita penyakit hipertensi. Hasil penelitian : seluruh subjek mengalami penurunan tekanan darah setelah melakukan latihan relaksasi otot progresif. Penurunan terjadi pada tekanan darah sistolik dan diastolik serta klasifikasi tekanan darah. Dirata-ratakan pada tiga subjek studi kasus terjadi penurunan tekanan darah sistolik bervariasi antara 30-20 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 10 mmHg. Klasifikasi tekanan darah menurun 1 tingkat (Hipertensi Tk. I menjadi Prehipertensi) pada 2 orang subjek dan penurunan 2 tingkat (Hipertensi Tk. I menjadi Normal) pada 1 orang subjek. Kesimpulan; latihan relaksasi otot progresif dapat menurunkan tekanan darah pada anggota keluarga yang menderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kota Tengah.


KTI-P2019/HAS/p
KTI-P2019
Text
Indonesia
POLTEKKES GORONTALO
2019
GORONTALO
Pembimbing Utama Paulus Pangalo, SKM, M.Kes Pembimbing Pendamping Fakhriatul Falah, S.Kep, Ns, M.Kep
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Heryucendi Agustiar Hasiru -751440116012. (2019).Penerapan Latihan Relaksasi Otot Progresif untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Anggota Keluarga Yang Menderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Tengah (KTI-P2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd