Deysi Nur Indah Ahmad-751440116047; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penggunaan Kulit Jeruk Purut dalam Mengurangi Rasa Mual pada Ibu Hamil Trimester Pertama Di Wilayah Kerja Puskesmas Batudaa Kabupaten Gorontalo(KTI-P2019)


Daftar Pustaka 13 buah (2001-2011)
Mual (nausea) adalah gejala yang wajar dan sering didapatkan pada kehamilan trimester I. Mual biasanya terjadi di pagi hari, tapi dapat timbul juga setiap saat atau di malam hari. Gejala-gejala ini kurang lebih terjadi 6 minggu setelah hari pertama haid terakhir dan berlangsung kurang lebih 10 minggu. Mual muntah terjadi pada 60-80% primigravida dan 40-60% pada multigravida.
Pelaksana Studi Kasus studi kasus ini bertujuan untuk menggambarkan penatalaksanaanpenggunaan kulit jeruk purut dalam mengurangi rasa mual pada ibu hamil trimester pertama di Wilayah Kerja Puskesmas Batudaa Kabupaten Gorontalo tahun 2019. Pelaksana studi kasus ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan lembar Observasi dan Dokumentasi Penggunaan Kulit Jeruk purut.Hasilstudikasusdanpembahasan yang telahdidapatkanbahwabahwa primigravida lebih sering terjadi mual muntah serta pendapat Prawirohardjo (2008) mual dan muntah terjadi pada 60-80% primigravida.Responden yang memiliki status paritas multigravida terdiri dari 1 orang, 1 orang berusia 24 tahun dan 1 orang berusia 27 tahun. Ibu hamil tersebut satu responden merupakan kehamilan yang kedua. Pada srudi kasus ini ibu hamil multigravida juga masih mengalami mual, walaupun pada kehamilan sebelumnya sudah mengalami dan memiliki pengalaman untuk mengatasi dan mencegah mual pada kehamilan tersebut.Berdasarkan hasil studi kasus yang telah dilakukan oleh pelaksana studi kasus, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Kulit Jeruk Purut dapat membantu ibu hamil trimester pertama dalam mengurangi rasa mual yang di alami.


KTI-P2019/AHM/p
KTI-P2019
Text
Indonesia
POLTEKKES GORONTALO
2019
GORONTALO
Pembimbing Utama Lisdiyanti Usman, S.ST, M.Kes Pembimbing Pendamping Syamsidar, S.Kep, Ns, M.Kes
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Deysi Nur Indah Ahmad-751440116047. (2019).Penggunaan Kulit Jeruk Purut dalam Mengurangi Rasa Mual pada Ibu Hamil Trimester Pertama Di Wilayah Kerja Puskesmas Batudaa Kabupaten Gorontalo(KTI-P2019).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd