NURSIA THEVERESTIA MOKOAGOW 751430116079; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan kondisi fisik rumah dengan kejadian tuberkulosis paru (LR-P2020)


Tuberkulosis paru merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat Indonesia dan menduduki posisi ketiga dari tiga penyebab utama kematian. Penyakit tuberkulosis paru terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah faktor kondisi fisik rumah. Kondisi fisik rumah dan lingkungan tempat tinggal yang tidak memenuhi syarat akan mempengaruhi jumlah atau kepadatan dari bakteri, salah satunya bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menjadi penyebab utama terjadinya tuberkulosis paru.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mendapat gambaran hubungan kondisi fisik rumah dengan kejadian tuberkulosis paru. Desain yang digunakan adalah naratif deskriptif dengan pendekatan literature review. Artikel dikumpulkan menggunakan satu database yaitu google scholar kondisi fisik rumah, kejadian tuberkulosis paru dengan tahun terbitan 2016-2019.
Berdasarkan empat jurnal yang dianalisis, indikator yang berhubungan dengan kejadian tuberkulosis paru adalah ventilasi, pencahayaan, kelembaban dan kepadatan hunian. Namun ada dua jurnal yang menyatakan tidak ada hubungan indikator kondisi lantai dengan kejadian tuberkulosis paru.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kondisi fisik rumah dengan kejadian tuberkulosis paru. Indikator ini meliputi ventilasi, pencahayaan, kelembaban dan kepadatan hunian.
Saran bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan referensi dan acuan untuk penelitian selanjutnya dengan lebih meningkatkan perilaku kesehatan untuk mencegah terjadinya penyakit Tuberkulosis Paru.

Kata Kunci: Kondisi fisik rumah, tuberkulosis paru


LR-P2020/MOK/h
LR-P2020
Text
Indonesia
POLTEKKES GORONTALO
2020
GORONTALO
Pembimbing I : Ratnawati, S. Pd, S. Kep, Ns., M. Kep, Pembimbing II : Herman P. Luawo, S. Kep, Ns., M. Kep
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
NURSIA THEVERESTIA MOKOAGOW 751430116079. (2020).Hubungan kondisi fisik rumah dengan kejadian tuberkulosis paru (LR-P2020).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd