Hartati; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Mangkokan (Nothopanax scutellarium Merr.) Yang DiFormulasi Dalam Bentuk Sedian Gel Terhadap Pertumbuhan Rambut Pada Kelinci (Oryctolagus cuniculus). (05-PM2019-F1)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek ekstrak etanol daun mangkokan yang diformulasi dalam bentuk sediaan gel terhadap pertumbuhan rambut pada kelinci. Digunakan 3 ekor kelinci yang masing-masing dicukur rambutnya dan dibagi menjadi 6 daerah. Daerah I diolesi basis gel, daerah II diolesi sediaan gel yang mengandung ekstrak dengan konsentrasi 10% b/b, daerah III diolesi sediaan gel yang mengandung ekstrak dengan konsentrasi 20% b/b, daerah IV diolesi sediaan gel yang mengandung ekstrak dengan konsentrasi 30% b/b, daerah V diolesi sediaan gel yang mengandung ekstrak dengan konsentrasi 40% b/b, sedangkan daerah VI tidak diolesi apapun. Pengamatan terhadap pertumbuhan rambut kelinci dilakukan selama 18 hari sejak tanggal dengan mengukur panjang rambut setiap 3 hari sekali, kemudian dilakukan perhitungan AGD (Average Growth Daily). Hasil analisis statistik dari harga AGD dengan menggunakan Analisis Varians menunjukkan bahwa sediaan gel dari ekstrak etanol daun mangkokan dengan konsentrasi 30% b/b lebih memberikan efek dalam mempercepat proses pertumbuhan rambut pada kelinci.
Hartati - Personal Name
610.5/HAR/a
610.5
Text
Indonesia
Poltekkes Kemenkes Gorontalo
2019
GORONTALO
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Hartati. (2019).Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Mangkokan (Nothopanax scutellarium Merr.) Yang DiFormulasi Dalam Bentuk Sedian Gel Terhadap Pertumbuhan Rambut Pada Kelinci (Oryctolagus cuniculus). (05-PM2019-F1).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd